Minggu, 18 September 2016

CERPEN CINTA MASA SMA.

                                                                   TAK TERGANTI

       
           Kehilangan adalah hal yang membuat orang merasakan kesedihan yang sangat mendalam. Yang membuat kita sedih saat kehilangan adalah masa dimana kita mengingat kenangan-kenangan manis yang pernah dilalui bersama. Satu tahun yang lalu aku berkenalan dengan seorang pria yang bernama gaga muhammad, gaga adalah cowok yang banyak digemari oleh cewek disekolah karena dia terkenal dan mengikuti ekskul basket. Aku dan gaga sekelas di satu lintas minat. Disana kita saling kenal dan sering ngobrol sehingga kita lebih mengenal satu sama lain. Ketika aku memposting foto di instagram tiba-tiba ada DM yang muncul dan ternyata itu gaga. ”gila lu ternyata bisa cantik juga ya” kata gaga. Dan aku pun menjawab “dihack siapa lu”
          Hari demi hari telah berlalu dan gagapun terus menghubungi aku hampir setiap hari. Dan sampai  akhirnya aku tau kalau gaga mempunyai rasa yang lebih kepada aku.”kamu mau gak kita ngejalanin hubungan yang lebih serius lagi” kata gaga, lalu menjawab “kita liat aja nanti”. Setelah aku menjawab seperti itu gagapun berubah dia terlihat aneh dan mulai males untuk menghubungi ataupun sekedar memberikan kabar. Tiba-tiba dia memberitahu bahwa dia mau fokus sama basketnya “dit maaf ya saya mau fokus basket dulu” dan dengan berat hati akupun menjawab “yaudah gapapa”. Pagi harinya aku menceritakan masalah ini ke erlyn “ lyn gaga tiba-tiba bilang kalau dia mau fokus basket dulu” erlynpun menjawab “yaudah biarin aja kan sekarang juga ada event SBL juga,mungkin dia mau fokus itu kali”. Setelah beberapa minggu gaga kembali menghubungi aku tetapi aku bersikap dingin karena alasan dia buat pergi beberapa minggu lalu itu menurut aku tidak masuk akal. Hampir setiap harinya gaga terus menghubungi aku.
          Semenjak gaga memberitahu kalau dia mau fokus basket kita jarang untuk saling menghubungi ataupun ngobrol seperti biasanya. Karena aku kasihan sama dia yang berusaha untuk meminta maaf atas kesalahannya kemarin akupun mulai bersikap seperti dulu lagi,kita sudah saling menghubungi satu sama lain, hampir setiap hari kita memberikan kabar satu sama lain dan semakin hari kita merasakan kenyamanan. Tidak terasa 3 bulan berlalu semakin hari kita merasa sudah mengetahui watak dan sifat kita masing-masing. Pada akhirnya gagapun mengungkapkan perasaannya. Karena kita memiliki rasa yang sama akhirnya kitapun mempunyai hubungan lebih dari seorang teman. Setelah kita jadian ternyata teman-temannya gaga tidak merestui kita untuk bersama tetapi hal ini tidak diketahui oleh gaga hanya saya yang merasakan hal itu walaupun tidak ada orang yang pernah memberitahu tentang hal itu. Sayapun bertanya kepada gaga “ga kayaknya temanmu gasetuju kalau kita jadian” gagapun menjawab “teman yang mana? Kalau memang mereka gasuka ya biarin aja kan hubungan kita yang jalanin”. “memang bener ga kita yang jalanin tapi kan gaenak aja gitu rasanya” jawab saya, “udahlah jangan dipikirin” kata gaga.
“tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti dari siapapun ”
           Semakin hari sikap teman-teman gaga terhadap aku semakin tidak wajar dia seperti sangat membenci aku padahal aku tidak pernah kenal sama mereka dan aku pun mulai merasa risih. Memang si aku sama gaga itu beda jauh gaga anaknya famous sedangkan aku tidak tapi ya mau dibilang apa karena cinta itu tidak pernah melihat dengan siapa dia jatuh cinta. Semakin lama sikap gaga ke aku berubah dia seperti males untuk memberikan aku kabar, aku tidak tau kenapa gaga seperti itu.
“karena semua cowok terkadang hanya berjuang diawal sebelum dia mendapatkan, setelah dia sudah mendapatkan apa yang dia mau, semuanya akan beda saat dia mengejar dulu”
              Dan akhirnya kita pun sepakat untuk mengakhiri hubungan walaupun itu sangat berat tetapi jalan yang terbaik buat “semoga nanti kita bakal dipertemukan lagi”kata gaga. Saat itu juga aku langsung cerita ke sahabatku yang namanya satila, aku sudah menceritakan semuanya dari awal dan diapun memberitahu aku“udahlah dit mungkin dia bukan yang terbaik buat kamu kalau jodoh gabakal kemana kok”. Hampir setiap hari satila terus memotivasi dan menghibur aku karena satila adalah sahabatku dari SMP jadi dia sudah tau apapun tentang aku . Besok paginya erlyn tahu kalau aku dan gaga sudah putus dan aku pun menjelaskannya supaya tidak terjadi kesalah pahaman karena disini tidak ada yang salah tetapi itu sudah menjadi keputusan kita berdua. Ketika di kantin aku bertemu dengan nindy teman SMP ku dia juga tau kalau aku putus “kamu beneran putus dit? Biarin dah dia pergi karena cinta tahu kemana dia harus pulang”
“jika kau tau sesuatu akan berakhir buruk, sanggupkah kau menghentikannya saat masih terasa indah?”
            Semenjak hubungan kita berakhir aku baru mengerti apa arti kebersamaan dan menghargai orang lain. Gaga adalah sosok orang yang mampu merubah aku ke yang lebih baik dia selalu bisa membuat aku ketawa disaat aku sedang sedih dia juga selalu memberikan solusi ketika mempunyai masalah yang tidak bisa aku selesaikan sendiri. Dia selalu ada disaat aku membutuhkan dia, kadang aku merasa menjadi orang yang paling egois aku tidak pernah memikirkan apa yang diinginkan gaga, hal ini baru aku sadari ketika aku sudah kehilangan semuanya. Gaga memang orang yang tidak romantis tetapi dia bisa membuat aku tersenyum ketika aku sedang bersama dia, dia juga mau menerima kekuranganku tetapi yang membuat aku kecewa adalah ketika dia tidak mau mempertahankan semuanya, dan sampai sekarang aku tidak tahu kenapa gaga ingin putus karena dia tidak memberikan alasan apapun
“kau telah mengajarkanku kesabaran, kasih sayang dan cinta tetapi mengapa tidak kau ajarkan kepadaku untuk tegar saat kehilanganmu?”
            Sudah lama aku putus sama gaga tapi belum ada yang bisa menggantikan gaga. Sayapun dikenalkan sama cowok yang bernama andika oleh teman aku renata. Andika pun mencoba menghubungiku awalnya aku mencoba untuk membuka hati tetapi rasanya aku males untuk membalas line dari dia. Renata pun memberitahu aku “dit coba aja kamu tanggepin andika dia baik kok pinter juga” kata renata, “iya ren” kata aku. Semakin lama andika semakin sering menghubungi aku karena aku kasihan sama dia jadi saya menanggapinya dan mencoba membuka hati kembali.
             Tetapi semakin lama aku menyadari kalau tidak ada yang bisaa menggantikan gaga. Semakin aku mencoba untuk melupakan gaga semakin aku susah untuk melupakan kenangan-kenangan kita. Terkadang gaga suka menghubungi aku tiba-tiba tetapi hal itu Cuma beberapa kali saja dan rasanya sudah tiddak sama seperti dulu karena kita chat hanya untuk sekedar teman dan menjaga tali silaturrahmi diantara kita. Sampai akhirnya aku tau dari teman gaga kalau gaga hanya main-main dengan aku dan aku pun mulai mencoba melupakan gagaaku tidak menyangka gaga akan melakukan hal ini aku pikir gaga benar-benar tulus.  Aku sadar aku tidak seseempurna perempuan diluar sana yang bisa membuat dia bahagia.
“dan ternyata ketidaksempurnaanku meruntuhkan kesetiaanmu”
                Setiap harinya aku selaalu bertemu dengan gaga karena kelas kita berdekatan dan akupun mulai malas untuk keluar kelas karena malasuntuk bertemu gaga seteelah temannya menceritakan semuanyakepadaku. Lalu aku menceritakan hal ini kepadaa erlyn “lyn kata temannya gaga dia itu suka sama saya cuma main-main”erlynpun menjawab “kamu gaboleh percayadulu sama temannya siapa tau temannya itu gasuka sama kamu dan gamau ngeliat kamu sama gaga bahagia”. Memang benar gaga tidak pernah bilang seperti itu tetapi tetap rasanya tidak enak rasanya seperti kita menjadi bahan becandaan aja. Sampai sekarang kita masih belum saling menyapa satu sama lain karena kejadian itu
“perjuangan tidak selalu soal maju dan menyerang, terkadang uga soal diam dan bertahan”
               Cinta memang bisa mengajarkan kita apa arti kebersamaan, kesedihan, kebahagiaan dan penghianatan. Biasanya kita baru menyadari hal ini setelah kita berpisah, penghianatan memang tidak mudah untuk memaafkannya tetapi mungkin ini cara tuhan menunjukkan apakah kita layak untuk mempertahankanpasangan kita atau tidak. Penghianatan juga biasanya didasari oleh orng ketiga. Orang ketiga memang sering hadir ketika kita sedang berada di puncak kenyamanan dan kebahgiaan bersama pasangan kita. Tetapi apabila pasangan kita benar-benar sayang sama kita pasti diatidak akan membuka hatinya untuk orang lain karena “tamu tidak pernah bisa masuk kalau tuan rumahnya tidak membukakan pintu”. Banyak orang yang menyalahkan hadirnya orang ketiga tetapi dia tidak sadar kalau sebenarnya dia yang membuat orang ketiga itu hadir sepeerti misalnya kita membuat pasangan kita bosan atau kita tidak memiliki waktu bersama dia dan akhirnya pasangan saya membuka hatinya orang lain dan kita tidak boleh memarahi ataupun membenci orang itu seharusnya kita bisa mengintrospeksi diri kita.
“kadang kekecewaan itu datang dari orang yang paling dekat dengan kita dan kita yang membuat penyebab kekecewaan itu tumbuh”



Penulis

                                                         (Baiq Niki Destri Andini)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jingga & Pena Kecil Published @ 2014 by Ipietoon